You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

WAKTU INDONESIA BARAT

Pages

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Kamis, 09 Desember 2010

Tugu dan monumen bersejarah di Indonesia

Posted by semua sama saja on 17.25 No comments

Monumen Bahari
 

Monumen Bahari adalah tugu peringatan yang terletak di Kota Tegal, Jawa Tengah. Berada di area objek wisata Pantai Alam Indah, monumen ini diresmikan pada tanggal 20 Desember 2008.

Kota Tegal dikenal sebagai Kota Bahari karena selain secara geografi terletak di pesisir Pantura Jawa Tengah, kota ini juga menjadi tempat didirikannya Badan Keamanan Rakyat – Laut (BKR Laut) pada awal kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai cikal bakal dari pembentukan TNI Angkatan Laut saat ini.

Selain perwujudan penghargaan terhadap pendahulu yang meletakkan dasar kebaharian di Tegal, pembangunan Monumen Bahari merupakan sarana mengenang peristiwa bersejarah sebagai upaya pewarisan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa kepada generasi muda dalam mengisi pembangunan nasional selanjutnya.


Monumen Jalasveva Jayamahe
Monumen Jalesveva Jayamane berbentuk figur perwira angkatan laut RI dengan tangan kanan berkacak pinggang dan tangan kiri memegang pedang kehormatannya, berdiri tegak menatap arah laut. Monumen ini memiliki ketinggian 30.6 meter yang ditopang gedung beton bundar setinggi 30 meter, terletak di ujung dermaga kawasan armada timur Ujung Surabaya.

Jalasveva Jayamahe yang berarti jaya di laut dan jaya di darat menggambarkan kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia dalam mengarungi samudera. Monumen ini kerap disingkat Monjaya, dimana bagian bawah dari monumen ini berfungsi sebagai museum kejayaan bahari Indonesia.

Monumen Jalesveva Jayamahe dibangun tahun 1990 dan diresmikan Desember 1996 oleh Presiden Soeharto. Monumen ini dibangun atas inisiatif Kepala Staf TNI Angkatan Laut Indonesia saat itu, Laksamana TNI Muhamad Arifin. Monumen ini dirancang oleh seniman Nyoman Nuarta.

Tugu Kebulatan Tekad
Tugu Kebulatan Tekad dibangun untuk mengenang satu kesefahaman, cita - cita, dan kebulatan tekad para pemuda Karawang dan para pejuang serta tokoh - tokoh bangsa ini untuk merebut dan melepaskan Negara Republik Indonesia yang tercinta dari kungkungan dan belenggu penjajah, menuju negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Tugu Kebulatan Tekad berlokasi di Kecamatan Rengas Dengklok yang jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota.

Tugu ini berbentuk tangan kiri yang mengepalkan tinju yang bermakna untuk MELAWAN, sedangkan tangan kanan tidak dilukiskan, yang mengandung arti atau menggambarkan memegang senjata atau bambu runcing.

Tugu Kebulatan Tekad, memperingatkan kepada kita bahwa di lokasi ini telah terjadi kebulatan tekad dari para founding father negara ini pada tanggal 16 Agustus 1945, yang dikenal dengan Peristiwa Rengasdengklok.

Monumen Pattimura Spoiler
Monumen Pattimura di sudut lapangan Merdeka Ambon, depan kantor Gubernur Maluku. Monumen yang dibangun di pinggir sebuah lapangan olah raga ini adalah tempat Pattimura dan pengikutnya menjalani eksekusi hukuman gantung.

Peresmian Monumen Pattimura dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pattimura, pada tanggal 15 Mei 2008. Filosofi dari tinggi monumen dari muka lantai delapan meter dan tinggi patung dari atas dudukannya adalah tujuh meter menunjukkan angka 15 sebagai tanggal perjuangan Pattimura dan kawan-kawannya melawan penjajah Belanda.

Monumen Pattimura didukung oleh lima kolam penyangga menunjukkan angka lima sebagai bulan Mei. Anak tangga menuju monumen Pattimura berjumlah 10 dilengkapi pelataran berpola delapan buah anak panah menunjukkan angka 18 dan keempat sisi kolom penyangga monumen dilengkapi dengan 17 balok greel menunjukkan angka 17 sehingga digabungkan menjadi tahun 1817.



Monumen Kresek
 

Monumen Kresek, adalah monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas Peristiwa Madiun. Lokasi peninggalan sejarah dengan luas 2 hektar ini, berada 8 km ke arah timur dari kota Madiun dan terdiri dari monumen dan relief peninggalan sejarah tentang keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. Adapun fasilitas wisata yang ada di tempat ini, antara lain, pendopo tempat istirahat, taman tanaman langka dan dilengkapi pula areal parkir.


Monumen Lapris
Monumen Lapris merupakan sebuah monumen yang terletak di Takalar, Indonesia. Monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan dari tanah Takalar ini, menjadi satu daya wisata yang asyik untuk ditelusuri. Monumen yang berada di bukit desa Bulukunyi ini, lain dari monumen biasanya. Di mana pesona alam dan hamparan lereng pegunungan di kawasan ini tertata rapi, seakan membawa kita dekat pada suasana alam pedesaan yang sejuk dengan hamparan perbukitan alami.

Monumen ini berjarak 12 km dari kota Takalar dan 50 km dari Kota Makassar. Menjadi peninggalan Laskar Pemberontak Rakyat Sulawesi (LAPRIS) pada tahun 1940-an, di bawah kepemimpinan Ranggong Dg Romo.
:


Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Kota Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.

Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini diresmikan tanggal 27 Juni 1998 di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya. Di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film , dimana di tampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru.


Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman. Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Propinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon.


Tugu Kilometer Nol
Quote:
Di bagian ujung utara pulau We, 1.5 jam perjalanan darat dari kota Sabang, terdapat tugu yang dikenal dengan Tugu Kilometer Nol, yaitu tugu yang didirikan oleh pemerintah RI, sebagai tanda posisi batas paling barat wilayah Indonesia.
Tugu ini berupa bagunan setinggi 15 meter yang di puncaknya terdapat lambang negara burung Garuda yang hinggap di lingkaran berbentuk angka nol. Tugu ini terdiri dari dua lantai, lantai dasar terdapat benchmark di mana titik koordinat berada, serta prasasti peresmian tugu oleh Wakil Presiden RI pada tahun 1997. Sementara di lantai dua, terdapat prasasti yang berisi lokasi geografis tugu ini, lengkap dengan angka lintang dan bujurnya.
Dinas Pariwisata Sabang, juga mengeluarkan sertifikat kepada mereka yang sudah mengunjungi TUGU tersebut, nama kita dapat didaftarkan sebagai orang yang telah menginjakkan kaki di lokasi paling barat wilayah INDONESIA.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments